Sentra Buku Bekas Cikapundung

buku bekas cikapundung

Salahsatu lokasi penjualan buku bekas yang cukup terkenal di Bandung adalah sentra buku bekas Cikapundung. Cikapundung adalah nama sungai yang membelah Kota Bandung Ci berarti air/sungai dalam bahasa Sunda sementara Kapundung adalah nama tanaman genus Baccaurea oleh orang Betawi tanaman ini lebih dikenal dengan nama Menteng. Tak jauh dari sentra buku ini bisa terlihat aliran Sungai Cikapundung, yang pernah diplesetkan oleh salah seorang guru sekolah saya sebagai sungai terpanjang di dunia karena membelah Asia-Afrika (Jalan Asia-Afrika).

Selain itu nama Cikapundung dipergunakan juga untuk nama beberapa jalan, sentra buku Cikapundung sendiri berlokasi di trotoar Jalan Cikapundung Barat, di samping gedung tua  yang dikenal orang Bandung dengan nama Bale Sumur Bandung (saat ini menjadi Kantor PLN Distribusi Jabar-Banten). Lokasinya tepatnya bisa dilihat pada peta di bagian akhir artikel ini.

Trotoar buku bekas cikapundung

Kabarnya sentra buku bekas Cikapundung ini walau hanya berupa lapak-lapak di trotoar tapi sudah ada sejak tahun 1970-an, pedagang-pedagang mengangkut buku-buku menggunakan gerobak tertutup yang memudahkan untuk berpindah atau mengamankan dagangannya ketika hujan.

Saya mengenal sentra buku ini sekitar tahun 2001, waktu itu para pedagang di Cikapundung lebih banyak memajang majalah-majalah bekas dalam dan luar negeri baik baru maupun bekas daripada buku. Jumlah pedagangnya pun saat itu masih lebih banyak dan ramai pengunjung ketika hari libur.

Koleksi buku bekas cikapundung

Saat ini yang dipajang lebih variatif dan banyak yang berupa buku, buku fiksi dan buku kuliah berbahasa Indonesia maupun Inggris pun ada walau edisi-edisi lama.

Tumpukan buku bekas cikapundung

Tetapi saya perhatikan yang paling banyak adalah buku anak-anak/remaja yang laris di tahun 1980-an dan 1990-an, seperti buku-buku tulisan Enid Blyton, cerita bergambar seri Asterix, Lucky Luke, Bob Napi Bandung dan sejenisnya. Bisa jadi karena buku ini masih banyak diminati karena faktor nostalgia anak-anak era tersebut yang saat ini sudah menjadi bagian angkatan kerja.

Koleksi buku lama - buku bekas cikapundung

Walau tak begitu banyak terdapat pula buku-buku berbahasa asing selain Inggris. Buku-buku non fiksi dengan tema sejarah juga bisa dijumpai, menurut beberapa pedagang buku jenis ini cukup laris, terutama yang membahas mengenai tokoh-tokoh Indonesia terkenal di masa lalu. Sehingga stok yang ada di para pedagang tak pernah banyak karena banyaknya peminat bahkan ada calon pembeli yang memesan lebih dahulu dan minta dikabari bila ada buku sejarah dengan tema/judul tertentu.

Pranala luar:
kontan.co.id – Sentra Buku Bekas Cikapundung: Dipasok agen (1)
id.wikipedia.org – Menteng


Lokasi Sentra Buku Cikapundung

My location
Get Directions
profile-avatar Vicong
Menulis apapun yang dianggap menarik.

Respons

Beri Respons