Mencari Buku Bekas di Jakarta dan Sekitarnya (Jabodetabek)

Ini hanya sekedar catatan yang saya dapat dari berbagai sumber dan pengalaman sendiri selama tinggal di Jakarta, saya sertakan tautan bila saya temukan ulasan atau informasi tentang toko/lokasi tersebut. Untuk masalah penilaian harga dan suasana itu adalah pendapat pribadi saja.

Jakarta Pusat

  • Senen (di dalam Terminal ada banyak kios buku), selain buku bekas dan majalah bekas terdapat banyak buku baru yang ditawarkan tetapi harap berhati-hati karena banyak juga yang merupakan buku bajakan. Buku-buku baru khas yang sering dijajakan pedagang asongan seperti buku teka-teki silang, keagamaan (Islam) cukup banyak ditemukan. Toko legendaris semasa saya kecil ada di sini yaitu T.B. Gultom Agency yang melegenda dengan komik Petruk-Gareng karya Tatang S. Harga buku bekas bervariasi ada yang memang murah ada juga yang sudah mahal, salahsatu kios favorit saya berada cukup di dalam dijaga seorang bapak tua yang ramah dan harga pembukaan masih wajar. Sebagian besar pedagang tutup sekitar waktu maghrib, selain itu saya juga tidak menyarankan ke lokasi ini pada malam hari.
  • Kwitang, salahsatu bursa buku bekas legendaris yang sudah saya dengar bahkan sebelum pindah ke Jakarta (awalnya dari film AADC dimana Gitto Rollies memerankan pedagang buku bekas di Kwitang), sayang sudah sedikit sekali penjual buku di sini dibandingkan sebelum penertiban. Setelah para pedagang buku kaki lima ditertibkan masih ada satu tempat seperti toko yang di dalamnya terdapat beberapa penjual buku, di tempat ini selain buku bekas terdapat juga buku baru tetapi harap berhati-hati dengan buku bajakan, untuk buku bekas harga sudah relatif tinggi. Malam hari masih buka, tidak terlalu riskan untuk disambangi juga pada malam hari (saya pernah sekitar pukul 19:00 ke sini).
  • Galeri Buku Bengkel Deklamasi (di dalam Kompleks Taman Ismail Marzuki Jalan Cikini Raya), kabarnya koleksi bukunya mayoritas dengan dengan tema sastra, kesenian dan budaya. Saya belum pernah ke sini hanya tahu dari pencarian di internet.
  • Istana Komik (Thamrin City Blok G Lantai 3A), saya belum pernah ke sini hanya tahu dari pencarian di internet.
  • Lapak buku bekas Pasar Asemka, saya belum pernah ke sini hanya tahu dari pencarian di internet.
  • Toko buku/komik bekas di Gedung Globe Pasar Baru, saya belum pernah ke sini hanya tahu dari pencarian di internet.
  • Lapak buku bekas di dekat Toko Tiga Glodok, saya belum pernah ke sini hanya tahu dari pencarian di internet.
  • Agen koran di Jalan Taruna Raya lokasinya di dekat Toko Roti & Kue Twin. Selain menjual koran dan majalah baru, agen ini juga menjual komik dan majalah bekas.
    Koordinat pada peta 6°09’38.3″S 106°51’33.5″E (silakan klik untuk membuka lokasi di google maps).

 

Jakarta Selatan

  • Toko Buku Guru Bangsa (Jalan Ciputat Raya), saya pernah sekali mendatangi toko ini sayang sekali sedang tutup lokasinya persis di samping halte Transjakarta Pondok Pinang (dekat dengan gedung RPX/Fedex).
  • Bursa Buku Blok M Square, tempatnya cukup nyaman untuk berlama-lama selain itu buka hingga larut malam (sekitar pukul 22:00). Selain buku bekas terdapat juga buku baru tetapi berdasarkan penilaian saya harga yang ditawarkan para pedagangnya sudah relatif tinggi, kabarnya banyak pedagang di sini adalah bekas pedagang di Kwitang.
  • Gudang Buku Jakarta (Pasar Festival Kuningan lantai GF No.24), lokasinya ada di lantai paling bawah cari restoran Hoka-hoka Bento di sampingnya terdapat pintu masuk ke dalam, toko buku ini masih buka pada malam hari. Koleksi bukunya sendiri banyak buku fiksi dan banyak pula buku bahasa Inggris, tetapi harga relatif tinggi.
  • Kios buku Udin di Pasar Minggu (lokasi di samping jalan masuk Komplek Bea Cukai dekat Ramayana Pasar Minggu), saya baru sekali mampir ke kios ini dan tidak sempat berlama-lama mengamati koleksinya, yang terlihat banyak majalah bekas dan beberapa komik bekas. Kios ini buka hingga malam hari, saya pernah lewat sekitar pukul setengah sepuluh malam tampak kios tersebut masih buka dan penjaganya sedang merapikan buku/majalah yang ada. Koordinat pada peta 6°17’08.0″S 106°50’25.9″E (silakan klik untuk membuka lokasi di google maps).
  • Vindo Comics (Plaza Semanggi lantai 2 B-118), saya belum pernah ke sini hanya tahu dari pencarian di internet.
  • Kios Kalyana (Plaza Semanggi Lt.2 B105-106), saya belum pernah ke sini hanya tahu dari pencarian di internet.
  • Yoesoef Book Rempoa, saya belum pernah ke sini hanya tahu dari pencarian di internet.
  • Toko Buku Unik, menjual buku dan majalah bekas di Jalan Bintaro Permai, saya hanya pernah melintas selain buku dan majalah tampaknya toko ini menjual juga barang bekas/antik. Koordinat pada peta 6°15’34.5″S 106°45’34.6″E (silakan klik untuk membuka lokasi di google maps).
  • Kios Buku Gaul di Jalan Margasatwa (dekat Kebun Binatang Ragunan), saya cuma ingat kios buku ini berada di pertigaan jalan.

 

Jakarta Timur

  • Pasar Jatinegara, saya hanya sekali ke sini sudah lama sekali dan tak berhasil menemukan buku yang menarik bagi saya, harga yang ditawarkan para penjual seingat saya cukup murah.
  • Pasar Buku Langka TMII (di dalam Kompleks Taman Mini Indonesia Indah, depan Anjungan Sulawesi Tengah), saya belum pernah ke sini hanya tahu dari pencarian di internet.
  • Istana Komik  (Jl. Kayu Jati Raya No.12 Rawamangun seberang kampus STEI Rawamangun), saya belum pernah ke sini hanya tahu dari pencarian di internet.

 

Jakarta Barat

  • Delawas (Jl. Tanjung Duren Barat Raya No 10) kabarnya koleksi buku banyak yang bertema sastra dan novel-novel lama, saya belum pernah ke sini hanya tahu dari pencarian di internet.

 

Bogor

  • Kios Pak Edi (Stasiun Bogor), saya belum pernah ke sini hanya tahu dari pencarian di internet.
  • Kios Pak Suparmin (belakang Terminal Baranangsiang), saya belum pernah ke sini hanya tahu dari pencarian di internet.

 

Depok

  • Staline Books (Jl. Arif Rahman Hakim No.13 Beji), saya belum pernah ke sini, koleksi buku dapat dilihat langsung pada situsnya sepintas yang tampak banyak terdapat buku dengan tema sejarah, sastra dan filsafat.
  • Mall Rongsok (Jl. Bungur Raya No.4 Beji), saya belum pernah ke sini hanya tahu dari pencarian di internet, sepertinya cukup menarik.

 

Tangerang Selatan

  • Anelinda, lokasinya berada di jajaran Ruko Villa Melati Mas BSD persisnya Blok SR 15/32 , katalog di situsnya kurang diperbaharui dan harga relatif tinggi.
  • Gudang Buku Tangerang (CBD BSD Ruko Malibu Square Blok D No.1), saya belum pernah ke sini hanya tahu dari pencarian di internet.

 

Bekasi

  • Gudang Buku Bekasi Barat (Bekasi Square Lantai LG 127-128), saya belum pernah ke sini hanya tahu dari pencarian di internet.
  • Gudang Buku Bekasi Timur (Bekasi Trade Center Basement Blok D3 No.7), saya belum pernah ke sini hanya tahu dari pencarian di internet.

 

Sebagai tambahan Gramedia terkadang melakukan obral stok buku lama dan cacatnya baik di lokasi yang terdapat toko buku Gramedia atau melalui jaringan Gramedia Direct yang membuka tempat di beberapa pusat perbelanjaan. Harga buku yang dijual bervariasi dari murah hingga tinggi, yang pernah saya temui pada lokasi berikut:

  • Gramedia Matraman Jakarta Timur (berdekatan dengan lokasi parkir kendaraan),
  • Gramedia Cijantung Jakarta Timur (kios kecil di depan),
  • Carrefour Lakespra Cawang di Jalan M.T. Haryono Jakarta Selatan (jejeran kios di depan kasir dan stan di lantai bawah dekat ATM),
  • LotteMart Kuningan City di Jalan Prof. Dr. Satrio Jakarta Selatan (di dalam, dekat kelompok ATK)
  • Carrefour Pasar Minggu Jakarta Selatan (stan di depan kasir),
  • Ramayana Pasar Minggu Jakarta Selatan (di dalam, lantai paling atas),
  • Carrefour Cibinong Bogor (di samping pintu masuk),
  • Ramayana Warung Jambu Bogor (di dalam, lantai paling atas),
  • Botani Square Bogor (lantai paling bawah), tidak selalu ada tergantung program Gramedia,
  • Gramedia Margonda Depok (berdekatan dengan lokasi parkir kendaraan),
  • Gramedia Cinere Depok (kios kecil dan stan di depan),
  • Giant Bintaro Tangerang Selatan (di samping pintu masuk),
  • LotteMart Bintaro Tangerang Selatan (di lokasi parkir),
  • Gramedia Teras Kota BSD Tangerang Selatan (stan di seberang),
  • Giant BSD Tangerang Selatan (di lokasi parkir, dekat pintu masuk).

Semoga catatan ini berguna bagi para penggemar buku dan pemburu buku bekas di Jakarta dan sekitarnya, akan saya usahakan perbaharui bila mendapat informasi lain.


profile-avatar Vicong
Menulis apapun yang dianggap menarik.

Respons

Ada 31 respons untuk “Mencari Buku Bekas di Jakarta dan Sekitarnya (Jabodetabek)”.

  1. Komentator

    Sip mantap. Makasih info-nya 🙂
    Request yang di Bandung dong.. heheh

  2. zchudori@gmail.com

    Terima kasih ya ini community service yg sangat baik. Much appreciated!

  3. Vicong

    Bandung sedang dalam rencana, masih harus mengumpulkan beberapa data dulu. Beberapa tempat yang menjual buku bekas di Bandung sudah saya tulis sendiri di blog ini 🙂

  4. alhikam

    Toko Buku Guru Bangsa sudah pindah ke dekat Sekolah Pasca Sarjana UNI Syarif Hidayatullah Jakarta ….Jl Kertamukti

  5. VITRI

    trimakasih atas segala infox… tp klw mw kulakanx dmn y ?

  6. ning suwoso hartonoyo

    Ada nomer tlp atau e-mail utk masing2 toko diatas gak??tks atas jawabannya

  7. Maulana Azis

    Saya ingin menjual buku2 pelajaran dari tingkat sd s/d perguruan tinggi. Buku2 tersebut sebenarnya buku2 baru yg masih di segel tetapi saya tidak tau ingin menjualnya dimana.. mohon infonya lokasi saya di jakarta selatan.

    1. Pak Maulana ada buku budi pekerti kelas 2, 4 dan 6 sd penerbit grasindo tidak ? tolong di email ya kalau ada ke dwiberlianti@yahoo.com

    2. Nhanifaldi

      Saya sdg cari buku Kimia untuk SMA Kelas XII jilid 3A Kurikulum 2004 / Michael Purba dan Kimia untuk SMA Kelas XI jilid 2A Kurikulum 2004 / Michael Purba.. Apakah bapak punya?

    3. Nhanifaldi
  8. Harmoko

    Saya sedang mencari buku2 hardcover tebal, lebih untuk estetika daripada isinya. Boleh rekomen kemana saya harus cari terlebih dahulu?

    Terima kasih sebelumnya.

  9. Kutubuku

    Dimana cari buku-buku import Tehnik, Sains dan Filsafat? Atau buku-buku zaman kolonial?

  10. lita

    saya cari komik2 jepang, adakah yag menjual kiloan??

  11. ali bashrah

    Kalo daerah jakarta utara dimana ya :V , lagi nyari buku change! Karya rhenald kasali nih gan. Abashrah@gmail.com

  12. Yg Toko Buku Guru Bangsa udah pindah ke Ciputat, lokasinya dekat dg Asrama Putri Kedokteran UIN Jakarta

  13. fajar

    Saya mencari agen atau distributor buku teka teki silang, posisi sy di jogja. Setau saya di pasar senen banyak yg jual tts, ada yg tau nomor kontaknya? Tlg sms ke 081391557210 atau email dbig.karenz@yahoo.com terima kasih

  14. A.Wahid

    Assalaamu’alaikum. Tolong teman-teman kabarin, dimana ada Toko Buku ISLAM yang paling banyak koleksinya tetapi murah yang berada di Jabotabek…. Terima kasih banyak….

  15. Qiqi

    Gudang Buku di Bekasi Square bagus kok, banyak buku2 & majalah2,, baik yg edisi luar negeri ataupun lokal..
    Harga terjangkau lah..

    1. ruben
  16. rijal

    Kalo buku buku pola busana ada gak ?

  17. jemisia

    kalo buku Kumpulan Teknik Korek Mesin 4-Tak Penulis: Tim Motor Plus ada ?

  18. Endah

    Makasih info nya…bermanfaat sekali
    @ A Wahid : toko buku ‘Buyung bersaudara’ di Senen menjual buku2 agama Islam. Lengkap dan harga super murah..

  19. Hallo kak maaf aku mau tanya dari beberapa tempat yg kakak sebutkan di salah satu lokasinya ada gak ya kak yg nerima jual buku pelajaran bekas? Makasih kak

  20. yg di Bekasi Square bagus tuh, luas lagi.
    harga jg murah ada yg 5000 ada yg 10000

  21. roy

    Di dalam artikel ini banyak kasih koordinat peta dan suruh copy paste ke google map, tapi fasilitas copy pastenya kok dimatikan? Lantas gimana caranya buka ke google map? Kasih info ini sebenernya niat gak sih?

    1. Maaf Kak, mungkin penulisnya lupa kasih link langsung.
      Sekarang sudah diperbaiki. 🙂

  22. retnowati suparjan

    Kios buku bekas di gang cengkeh, Depok dulunya gusuran dari stasiun Pondok Cina, ada beberapa kios berderet di sana, cabangnya ada di perempatan Gunadharma Kelapa Dua.. juga di gang kober, dekat stasiun UI juga masih banyak… Buku2nya lumayan lengkap dan sudah bertahun-tahun saya langganan ke sana.

  23. shandy

    Wihhh,,cakepp,,, makasih gan info nya” bdw Tb.gultom agency masih ngejual komik petruk tatang s ga ya gan??

  24. Terimakasih infonya Gan , sangat membantu dan bermanfaat….

  25. Urang Mudo

    Pak klo mau buka usaha pustaka keliling, saya bisa dapatin buku murah dimana ya Pak? bekas juga ga pa2 yang penting masih layak dibaca dan murah. klo bisa yang ada paket2 penjualannya Pak. Mohon infonya. terima kasih

  26. Kalau di Depok bisa juga ke toko buku Silabus Gan n Sis, alamat jl komjen m yasin kelapa dua depok dekat kampus E Gundar. sebenarnya toko ini lebih banyak menjual textbooks untuk mahasiswa, tapi ada juga rak buku lawasnya khususnya bidang sejarah …

Beri Respons